Thursday, May 31, 2012

Pantai Teleng Pacitan


Pantai Teleng Ria yang cukup dekat dengan pusat perkotaan Pacitan sekarang sudah menjadi sebuah resort yang menarik untuk dikunjungi. Selain tempatnya yang luas pemandangannya juga cukup menarik dinikmati.
Pantai ini berada sekitar 3 Km dari pusat kota Pacitan, sekitar 10 menit perjalanan dari alun-alun kota Pacitan menuju Pantai Teleng Ria ini.
 Pantai Teleng Ria itu lautan yang menjorok ke darat atau biasa disebut teluk. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia. Kendati pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan (khas Pacitan banget).

Untuk mempercantik diri, beberapa fasilitas yang sudah ada akan dipugar. Selain itu juga akan ada penambahan fasilitas di sekitar Pantai Teleng Ria seperti plaza seni, plaza anak untuk bermain, dan plaza kuliner,  Sampai Upin-Ipin pun berada disana untuk menyapa pengunjung Pantai Teleng Ria ini...
       Walaupun Pantai Teleng memiliki daerah - daerah yang rawan untuk berenang, biasanya daerah-daerah rawan tersebut diberi tanda bendera merah, tapi jangan khawatir, banyak juga kok daerah-daerah yang aman untuk berenang di Pantai Teleng ini.
       Selain kenikmatan Wisata pantainya yang menarik buat saya adalah wisata kuiner disini, di sisi Barat pantai Teleng ini terdapat Pasar Kuliner yang terdiri dari Udang, cumi-cumi, Oktopus dll... dan harga per kilogramnya terhitung murah, cocok buat oleh-oleh temen-temen kita yang dirumah!

Selain itu Untuk anak-anak yang orang tuanya merasa was-was mengajak anaknya berenang di pantai, Di teleng RIa ini disediakan Kids World yang begitu banyak mainan air anak-anak, mulai dari ayunan, plorotan, air mancur, dll.      
  Pantai Teleng Ria juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis mancanegara yang ingin menikmati wisata pantai. “Walau pun belum terlalu banyak, tapi wisatawan asing juga ada yang datang ke sini, mereka senang karena disini tidak terlalu ramai. Belum ramainya aktivitas surfing di Pantai Teleng Ria membuat pantai ini menjadi alasan para surfer asing berselancar di sini karena tak perlu rebutan ombak dengan banyak peselancar lain. Turis asing yang surfing di sini biasanya berasal dari Australia dan Swiss.
      Pantai teleng terus melakukan perubahan pembangunan yang masih berlanjut untuk saat ini, hal ini dilakukan untuk terus menarik minat wisatawan Asing maupun dalam negeri, karena bagaimanapun juga jika pantai teleng ini banyak pengunjungnya maka warga disekitar juga akan mendapatkan pendapatan yang lebih. 
     Pembangunan yang meliputi tempat penginapan di sekitar Pantai ini, yang khusus di sediakan bagi para Wisatawan, yang harganya relatif murah untuk satu malam menginap disini.
     Mengunjungi pantai ini dijamin tidak menyesal apalagi pecinta surfing. Ombaknya yang cukup besar sehingga sering dipasang larangan untuk tidak berenang di titik tertentu. Apalagi antara bulan Juni - Agustus pantai Teleng Ria menjadi tempat migrasi kelompok ubur-ubur, namun kita perlu hati-hati karena bisa tersengat oleh ubur-ubur tersebut.





















































No comments:

Post a Comment