Tuesday, June 5, 2012

Gumuk Pasir


Satu lagi kekayaan alam Indonesia yang kita kunjungi kali ini, ya Gumuk Pasir menjadi satu tempat yang sangat eksotis bagi kaum muda yang pengen Pre wedding di sini, nunansa yang romantins dikelilingi dengan pasir putih, menjadikan Obyek Wisata gumuk pasir menjadi tujuan utama bagi para fotografer untuk mencari obyek yang bagus.
Fenomena Gumuk Pasir ini dapat ditemui sepanjang sungai Opak hingga pantai Parangtritis Yogyakarta, Pemandangan di sekitar gumuk pasir membawa kita menuju daerah timur tengah karena hamparan pasirnya yang sangat luas disini.
Memasuki daerah Gumuk  pasir ini anda akan disambut oleh desiran butir-butir pasir yang berterbangan ditiup angin. Suara desiran pasir dan deru ombak Pantai selatan menambah suasana ditempat ini semakin romatis jeeee....
Semakin keras angin berhembus maka semakin keras juga suara deru pasirnya.
Tidak beda jauh dengan kondisi di padang gurun, suhu di daerah Gumuk Pasir ini suatu-waktu bisa berubah, kadang panas yang menyengat, kadang dinginnya minta ampun.

Oleh karena itu, di daerah Gumuk Pasir ini jarang sekali ada orang-orang yang camping atau sekedar istirahat disini, biasanya hanya anak-anak pecinta alam yang nekat menginap de daerah ini.
Yang paling memanfaatkan daerah ini adalah para fotografer, selain itu juga digunakan sebagai Manasik Haji bagi calon Jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.
Jadi sebelum mereka ke Mekkah, mereka datang ke gumuk pasir ini untuk mendapatkan gambaran tentang padang pasir yang ada di Mekkah.
Fenomena alam Gumuk Pasir ini terbentang sekitar 15 Km dari muara sungai opak hingga pantai parang tritis, kabupaten bantul, yogyakarta.
Untuk menuju Gumuk Pasir, ada beberapa cara, kami kemarin dari Arah Ganjuran menuju pantai Depok, dari Pantai depok Sekitar 1 Km ke arah Gumuk Pasir.
Harga Tiket ke gumuk Pasir ini adalah Rp. 10.000, anggaran untuk Tempat parkir adalah Rp. 5000,- dan Anggaran untuk bersihan adalah Rp. 5000,-
Obyek Wisata Gumuk pasir letaknya berada di sekitar Pantai Parang Tritis hingga Pantai Parang Kusumo, sehingga semua fasilitas yang ada pada kedua pantai tersebut bisa diakses oleh wisatawan yang berkunjung ke gumuk pasir ini.
Fasilitasnya bisa dibilang lengkap mulai dari toilet, tempat parkir, warung makan , dll.
















No comments:

Post a Comment