Sunday, March 4, 2012

Pantai Indrayanti

Perjalanan kita kali ini menuju pantai Indrayanti Jogja, pantai ini menjadi tujuan dalam angan-angan saya yang telah lama saya pendam, dan menurut ceritanya pantai ini adalah Kuta nya Pulau Jawa hehehe...Ok! langsung saja ke cerita Perjalanan kita yang dimulai dari Kota Wonosari Jogja sekitar pukul 12.30 WIB, jarak antara Wonosari dan Pantai indrayati sekitar 23 kilomoter, atau membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam.
Dalam perjalanan kali ini kita ditemani teman-teman kita dari jogja sehingga untuk sampai di tempat tujuan tidak membutuhkan waktu yang lama mencarinya.
Pantai Indrayanti terletak di Timur Pantai Baron Jogja, dari arah pantai baron kita terus ke timur melalui beberapa pantai seperti krakal, Pantai Krukup, Pantai Sundak, dll.
Letak geografis pantai ini memang cukup berdekatan dengan pantai-pantai di sebelahnya hanya beberapa ratus meter jarak antara pantai satu denganpantai yang lainya.
Sampai di Pantai Indrayati sekitar pukul 13.00 WIB, cukup panas memang! tapi keindahan pantainya sangatlah memuaskan! ya Pantai yang dikelilingi oleh karang ini memiliki ombak yang tidak begitu besar, sehingga cocok untuk sekedar berenang di pantainya, karena ombaknya yang pas dan pasir pantainya yang luas maka Pantai ini resmi dibuka sebagai obyek wisata oleh warga sekitar, karena menurut cerita warga sekitar, pantai ini adalah milik pribadi warga asing yang menyewa tempat ini, sehingga retribusi dari pantai ini tidak masuk ke pemerintah. Oleh karena itu untuk mencari Pantai Indrayati ini cukup sulit karena tidak ada tulisan yang menunjukkan letak pantai ini.
Pantai Indrayati cukup banyak pengunjung pada hari minggu, mulai dari anak-anak hingga orang tua, pantai ini dikatakan sebagai Kuta nya pulau jawa karena mungkin banyak turis yang berkunjung disana hehehe... karena saya gak tau pasti kenapa pantai ini disebut Kuta nya pulau jawa.
Di sekitar tepi pantai ini telah disediakan payung-payung untuk berteduh sehingga jangan takut kepanasan jika berkunjung kesini, dan ditepi barat pantai ini terdapat beberapa losmen yang disewakan untuk kita beristirahat, kisaran harga Rp. 350.000 / hari nya.
Melihat keramaian dan suasana yang indah ternyata gak terasa sudah dua jam kita berada disana, karena cukup puas kita ber kunjung ke Indrayanti kita berencana menyusuri pantai-pantai yang berada di dekat Pantai ini.
Dari Indrayati kita menuju pantai Sepanjang atau biasa disebut dengan Pantai Pasir Putih yang letaknya berada ber sebelahan dengan pantai Indrayati, cukup dekat jaraknya hingga tidak membutuhkan waktu lebih dari lima menit.
Di pantai sepanjang ini tidak begitu ramai pengunjung, karena mungkin daya tarik Dari Pantai Indrayati lebih memukau, namun luas dari pantai ini lebih luas dari pada Pantai Indrayanti. Pasir di pantai sepanjang ini juga cukup enak untuk berenang, namun hanya saja pantai ini cukup banyak sampah di sekitar pantainya sehingga membuat agak tidak nyaman berlama-lama disana. Di pantai sepanjang ini tidak begitu banyak pengunjung mungkin karena ombak di pantai sepanjang lebih besar dan berbahaya untuk berenang dari pada pantai indrayanti maka pantai ini tidak banyak yang berenang di sekitar nya.
Setelah cukup puas berada di pantai sepanjang kita melanjutkan perjalanan menuju pantai Watu Kodok, ya pantai ini berada di sebelah barat pantai Indrayanti dan Pantai Sepanjang, keadaanya hampir sama dengan pantai sepanjang, pantai watu kodok ini juga agak sepi pengunjung walaupun lebih banyak pengunjung di pantai watu kodok ini dari pada pantai sepanjang.
Di sekitar pantai watu kodok ini terdapat banyak losmen-losmen penginapan, dan tatanan tempatnya diatur sedemikian rupa hingga kita bisa betah menginap disana. Pantai Sepanjang dan Pantai Watu Kodok termasuk pantai yang dikelola pemerintah dan warga setempat, dan untuk mencarinya tidak begitu susah karena setiap jalan masuk ke pantai ini terdapat papan penunjuk nama pantai ini.
Tak terasa sudah pukul 17.30 WIB dan sore sudah kita lalui di pantai-pantai Jogja yang indah ini, maka kita putuskan untuk mengakhiri perjalanan kita hari ini.









4 comments:

  1. asik banget nih tempatnya,
    yg belum kesini pasti bakalan rugi dehh

    ReplyDelete
  2. @bisnis tiket : yups!!! coba aja maen kesana om!!!

    ReplyDelete
  3. Asli seru ni pantai. Hampir mirip seperti kutaa bali...
    keren2

    ReplyDelete
  4. pantai ini emang asyik..dan rata2 hampir seluruh pantai gunungkidul asyik dan memiliki karakter sendiri-sendiri..

    ReplyDelete