Wednesday, December 28, 2011

Klayar Beach Pacitan

Ok perjalanan yang kedua ini saya menuju Pantai Klayar Pacitan, Kenapa musti Klayar?? yah, inilah The Lost Eden From Java, katanya keindahan pantai disana sungguh menakjubkan, dan benar-benar berbeda dengan pantai-pantai di pesisir selatan pulau jawa. Pantai Klayar terletak di kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Kira-kira menempuh perjalanan selama 2 Jam dari Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.
Pantai Klayar yang letaknya Agak jauh dari pemukiman penduduk ini membuat panorama Pantainya masih terkesan alamiah. Ditambah lagi jalan yang dilalui untuk menuju Pantai ini berbukit-bukit landai dan karakter pegunungannya yang membuat perjalanan ini semakin menyenangkan.

Pantai Klayar terkenal dengan sebutan Seruling Samudera karena adanya efek air mancur (Geiser) yang menjadi karakter dari pantai ini.
Perjalanan saya dimulai Sabtu malam dari Wonogiri pukul 17.00 WIB, dan sampai disana sekitar pukul 19.00 WIB, Kita mulai camp di sebelah utara pantai, mendirikan tenda dan mempersiapkan logistik malam, deru ombak yang keras semakin membuat jantung ini gak tahan untuk segera esok pagi dan menikmati keindahannya.

Menunggu hingga pagi hari sungguh membuat saya berdebar-debar, pukul 12 malam kami beristirahat hingga pukul 03.00 WIB, Angin di pantai pada malam hari tidak begitu dingin, malah terkesan hangat walaupun kekuatan hembusan angin saat itu sangat kuat sekali

Pada pagi harinya keindahan sunrise memang tidak terlihat disini, karena faktor geografis dari pantai ini menghadap ke selatan, sehingga sunrise disini tertutup oleh beberapa daratan di sebelah selatan.
Namun itu semua terbayarkan oleh keindahan langit pantai pada pagi hari yang berwarna biru, yang keindahannya begitu eksotis.

Saat pagi posisi ombak bisa dikatakan surut, hingga karang yang ada di tepi pantai terlihat menonjol, dalam hati saya berfikir, kalo karang menonjol seperti ini apa enak kalo untuk berenang di tepi pantai? namun pertanyaan saya itu terlipur oleh pemandangan - pemandangan ciptaan Tuhan yang begitu Agung!!
Pasir pantai Klayar yang begitu lembut dan menyisiri setiap tepian karang memaksa kaki saya untuk terus berjalan ke timur dimana Letak Seruling Samudera ada di sebelah sana.

Menyisir pantai ke timur ,disana pemandangan yang menakjubkan terlihat, diawali dengan pantai kecil yang membetuk cekungan dengan pasirnya yang menjorok ke Pantai, dan berwarna putih bersih, dan disekelilingnya karang-karang yang menjulang tinggi, semakin sempurna keindahan di pantai ini,

dari pantai ini semakin dekat dengan seruling samudera, ada beberapa pengunjung pantai yang sedang memancing di pinggiran tebing, pantai dekat cekungan ini tidak boleh untuk berenang karena kedalamanya yang sangat sangat dalam sehingga tidak memungkinkan dipakai untuk berenang.
sebenarnya sangat menggiurkan untuk berenang di daerah ini hehehe.... ok kita lanjut ke Seruling Samuderanya.

Seruling samudera berada di samping tebing dan letaknya sebelah timur pantai, posisinya yang menghadap ke timur (dibelakang karang-karang yang membatasi pantai) memungkinkan untuk melihat sunrise pagi hari, tapi yah gak papa karena saya gak tau.
Seruling samudera ini seperti karang yang sedang bernafas, derunya sangat keras, dan kadang kalo ada ombak besar, tersembur air dari dasar karang, mirip seperti ikan paus yang bernafas.
Saat saya menunggu semburan dari seruling ini membutuhkan waktu yang lama, karena faktor ombak di pagi hari tidak begitu kuat.
saat waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB saya kembali ke camp bersama teman-teman untuk istirahat sejenak, kebetulan saat itu hujan di pagi hari, walaupun hanya sejenak tapi cukup untuk saya istirahat sekitar 1 jam.

Pukul 09.00 WIB karang-karang yang berada di tepi pantai sudah tidak terlihat lagi karena tertutup ombak, mungkin ombak pada pukul 09.00 WIB sudah mulai tinggi, aseeekkk... akhirnya kami bisa berenang di tepian pantai ini.
Hingga pukul 11.00 WIB kita berenang di pantai ini, menikmati keindahan dan belaian ombak yang mengecup saya hingga siang hari cieeeee......
Ok... berhenti sejenak dan menikmati kelapa muda di pinggir pantai, setelah lelah berenang Kelapa muda menjadi solusi yang tepat untuk membuang kelelahan ini.
Ok...sepertinya semua telah tercapai saat ini, pukul 12.00 WIB kita prepare buat pulang. Perasaan puas sudah saya genggam saat ini, menikmati keindahan Pantai Klayar yang begitu wah..!! bagi saya.

1. banyak mas, selain seruling samudra, disana camp tinggi untuk melihat wilayah sekeliling pantai...coba aja main-main kesana, dijamin gak nyesel

2. kayaknya asikbanget nih tempatnya,
    jadi pengen kesini juga

3. PPOB : datang aja mas, masih alamai, belum banyak pengunjung!!!