Wednesday, December 28, 2011

lawu mountain

Lawu terletak di perbatasan antara Jawa tengah dan Jawa Timur, dengan ketinggian sekitar 3265 dpl dan luas wilasah kira-kira 400 Km2. Gunung lawu merupakan salah satu Gunung Faforit bagi para pendaki, daya tarik dari Lawu yang terkesan angker dan banyak menyimpan cerita-cerita mistik merupakan daya tarik tersendiri dari keindahan - keindahan alamnya.

Ada dua pintu menuju puncah Lawu (Hargo Dumilah, Hargo Dalem, dan Hargo Dumiling) yang pertama adalah Cemoro Sewu yang terletak 1600 dpl, yang kedua lewat Jalur Cemoro Kandang. Perjalanan saya ini memilih dari Jalur Cemoro Sewu dan Memilih Hargo Dumilah Sebagai tujuan terakhir, karena Puncak Hargo Dumilah adalah puncak yang tertingi diantara Hargo Dalem dan Hargo Dumiling, Saya sampai di Tawang mangu sekitar Pukul 19.00 WIB, dan beristirahat di Cemoro Sewu sekitar 1,5 Jam lamanya, karena Suhu udara yang begitu dingin di area Cemoro semu makan Coklat Susu dan Rokok menjadi pilihan bersantai malam itu sebelum Pendakian dimulai.
Sekitar jam 21.00 WIB saya memulai pendakian dari Ceemoro sewu, untuk masuk ke Jalur Pendakian saya harus merogoh kocek sebesar Rp. 6.000,
Ada 5 Pos Pendakian di Jalur cemoro Sewu, jarak antara Cemoro Sewu Dengan Pos pertama tidak begitu jauh, kira-kira 1 jam perjalanan dan medan yang dilalui juga tidak begitu sulit, untuk menuju Pos kedua medan dilalui cukup lumayan berat dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, dalam setiap Pos sasya beristirahat kira-kira cukup untuk merokok satu batang dan meminum coklat susu saya.

Ok, perjalanan ke pos 3 dilanjutkan, dan ini perjalanan paling berat dalam pendakian ini, medan yang sangat menanjak dan berat, ditambah dengan dinginya udara malam itu membuat saya sungguh ter fokus untuk mencapai Pos 4, perjalanan dalam jalur Pos 3 ini memakan waktu sekitar 2 jam.
Akhirnya sampailah saya di Pos 4, beristirahat sejenak dengan Coklat susu ditangan, Fisik saya saat itu sudah tidak fit, karena katuk yang teramat sangat, tetapi tujuan saya adalah Pos 5 untuk beristirahat, maka lanjutkan perjalanan ke pos 5 dengan penuh semangat 45, dalam benak saya hanya ada bayang2 rumput yang hangat, ditemani dengan Bidadari2 lawu yang menyelimuti saya dari rasa dingin yang saya alami ini jeee.....
Pos 5 tercapai saudara... tapi apa, disana gak ada tempat untuk istirahat ternyata, hanya padang rumput yang sangat luas, dan tak ada satu pendakipun yang beristirahat disana,

Oh...God, bantu aku!! akhirnya saya sedikit melanjutkan perjalanan kira-kira setengah jam dari pos 5 untuk mencari tempat beristirahat...
Pertengahan antara pos 5 dan puncak saya beristirahat pagi itu,

tak ada kata nikmat dalam istirahat saya ini, saat mata ingin terpejam namun suhu udara yang begitudingin sangat mengganggu saya.

kira-kira saat itu waktu menunjukkan pukul 02.00 WIB, saya beristirahat sekitar 1,5 jam, istirahat saya saya target karena mengejar matahari muncul saat itu, jam 03.00 WIB saya kembali melanjutkan perjalanan menuju puncak, kira-kira jam 04.30 WIB saya tiba dipuncak Hargo Dumilah disana pemandangan yang sangat indah disekeliling saya setelah beberapa jam yang lalu hanya gelap, sekarang keindahan dan eksotika Lawu telah nampak... sungguh karya yang agung dari Tuhan yang tidak bisa dibuat oleh manusia.

Ya disinilah saya menemukan apa itu arti hidup, dan arti persahabatan... kadang kita memang perlu untuk sedikit berefreshing dan bersenda gurau dengan alam.

Puncak Hargo Dumilah 3265 dpl, adalah Tujuan saya dan tercapai...