Sunday, January 1, 2012

Suramadu


Perjalanan kita kali ini menuju jembatan Suramadu Surabaya.
Kenapa musti Suramadu? ya ini memang tujuan kita, karena Suramadu adalah jembatan yang terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 m, selain itu Suramadu adalah jembatan yang melintasi selat Madura di Bangkalan, tepatnya Timur Kamal, yang menghubungkan Pulau Jawa (dari Surabaya) dengan pulau madura, jadi jalan-jalan kita kali ini sekali tepuk dua tempat terlalui hehehehe....
Ada daya tarik tersendiri dari Suramadu ini, selain Kontruksi bangunan yang termasuk wah... pemandangan di sekitar Suramadu juga tidak kalah menyenang kan dengan pemandangan-pemandangan di tempat lain. Menurut Historinya nama Suramadu adalah gabungan dari nama
Surabaya dan Madura wakakaka..., Jembatan Suramadu adalah gabungan dari tiga jembatan yang memiliki kelebaran kira-kira 30m, Suramadu menyediakan empat jalur bolak-balik selebar 3,5 m, dan ada jalur khusus untuk roda dua yang letaknya berada di sisi tepi jembatan. dan sejak adanya jembatan ini jalur transportasi antara Jawa dan Madura menjadi lancar. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

Ok, kita lanjut saja ke cerita perjalanan kita . Perjalanan kita ke Surabaya dimulai pada Jum'at malam 30 Desember 2012, dari Wonogiri kita menuju solo, istirahat kira-kira dua jam saat itu, perjalanan darat dari Solo ke Surabaya memakan waktu sekitar enam jam perjalanan, dan hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp. 30.000, - untuk transportasi ke Surabaya... Perjalanan yang murah dan sedikit melelahkan.

Sampai di Surabaya pukul 06.00 WIB kita istirahat sejenak kira-kira tiga jam istirahat, tepatnya pukul 13.00 WIB kita berangkat menuju Suramadu, yang letaknya sekitar 20 Km dari tempat kita beristirahat saat itu.
Dari kejauhan sudah terlihat Keindahan
bangunan buatan manusia ini, cukup mengagumkan dan terkesan megah. Sebelum masuk Suramadu kita musti merogoh kocek sebesar Rp. 3000,- untuk masuk gerbang tol kesana (catatan : Dengan sepeda motor), dan butuh waktu sekitar 15 menit untuk menyebrangi jembatan ini menuju Madura.

Tepat di tengah-tengah jembatan, kita sempat mengambil gambar di kiri kanan jembatan, dan jika kita rasakan secara baik-baik rasanya seperti ada Gempa berkekuatan 6 sekala rikter, saat kaki saya menginjak jembatan ini, serasa bergoyang-goyang saat ditiup angin.
ya...jembayan ini berkonstruksi lentur karena faktor angin yang cukup kencang di selat ini.

Setelah puas mengambil gambar diatas jembatan ini, kita mampir di keramaian pinggiran Madura yang ternyata mereka menjajakan pernak-pernik khas Madura, dan cukup murah oleh-oleh dari Madura ini.
Mungkin perjalanan kita kesana bertepatan dengan acara malam tahun baru 2012, jadi terkesan ramai pengunjung di Suramadu ini...

Setelah lelah menjelajah Suramadu ini, kira-kira pukul 15.00 WIB kita pulang.
Dari arah Suramadu kita mampir di pantai Kenjeran Surabaya yang ternyata letaknya berdekatan dengan jembatan Suramadu, kira-kira 10 menit dari jembatan Suramadu.

Sangat ramai memang Di pantai Kenjeran ini, sampai-sampai perjalanan kita agak tersendat karena banyak pawai kendaraan bermotor, dan sedikit macet.

Kira-kira pukul 17.00 WIB kita pulang , karena cuaca buruk waktu itu, hujan lebat menyertai perjalanan kita, maka kita putuskan untuk pulang saja.
Sampai di tempat kita istirahat, kita menunggu waktu malam pergantian tahun di Surabaya ini, ya sungguh asik acara kembang Api tahun baru di surabaya, ramai dan terkesan indah di langit-langit Surabaya yang berwarna-warni.

Ya..Surabaya adalah kota yang menyenangkan walaupun agak panas, mungkin lain kali kita akan kembali agi keSurabaya, yang penuh dengan keindahan-keindahan dan orang-orang yang menakjubkan





1 comment:

  1. hubungan bro... coneksivitas.....
    hunting foto lagi

    ReplyDelete